Mengenal Fakta SERP dan Bisnis Online
Sampai di sini teman-teman seharusnya sudah membuat template dan artikel
yang SEO Friendly. Di mana pada setiap halaman web sudah ada kata kunci
utama sebagai Jenderal Perangnya....
Pertanyaannya adalah seberapa kuat pasukan dan jenderal perang yang anda miliki saat ini jika dibawa bertempur di halaman SERP? Apakah bisa jenderal anda mengalahkan jenderal-jenderal halaman web lain yang lebih besar, atau bahkan pasukan pesaing yang jauh lebih banyak?
Bisa atau tidaknya semua itu tergatung dari SEO Offpage yang akan saudara lakukan....Tapi, sebelum pergi bertempur bukankah anda harus tahu apa yang bisa anda dapatkan dari pertempuran itu? Jangan sampai anda bertempur tanpa mendapat hasil, benarkan?
Pertanyaannya adalah seberapa kuat pasukan dan jenderal perang yang anda miliki saat ini jika dibawa bertempur di halaman SERP? Apakah bisa jenderal anda mengalahkan jenderal-jenderal halaman web lain yang lebih besar, atau bahkan pasukan pesaing yang jauh lebih banyak?
Bisa atau tidaknya semua itu tergatung dari SEO Offpage yang akan saudara lakukan....Tapi, sebelum pergi bertempur bukankah anda harus tahu apa yang bisa anda dapatkan dari pertempuran itu? Jangan sampai anda bertempur tanpa mendapat hasil, benarkan?
Mengenal Potensi Dari Kata Kunci
Tentunya saudara sudah melakukan riset kata kunci. Jika demikian saudara
pasti sudah melihat nilai Local Monthly Searchers....alias pencari dari
Indonesia setiap bulannya.... Berapakah nilai yang saudara dapatkan
untuk kata kunci pilihan saudara tersebut....? Nilai itulah yang
nantinya akan menentukan potensi trafik dari website saudara.
Sekarang kita ambil saja sebuah contoh; di mana anda memilih sebuah kata kunci yang dicari oleh 6000 orang per bulannya. Itu berarti kata kunci tersebut akan mendatangkan sekitar 80 orang per harinya (jika anda berhasil menjadi juara 1).
Sekarang kita ambil saja sebuah contoh; di mana anda memilih sebuah kata kunci yang dicari oleh 6000 orang per bulannya. Itu berarti kata kunci tersebut akan mendatangkan sekitar 80 orang per harinya (jika anda berhasil menjadi juara 1).
Dari tabel di atas anda bisa melihat bahwa seorang juara 1 bisa meraih
hingga 56% klik dari pengunjung.... Akan tetapi, oleh karena ada survey
lain yang mengatakan bahwa jumlah klik juara 1 itu hanya di bawah 50%,
maka kita bulatkan saja menjadi 50% pengunjung.
Jadi jika ada 6000 pencarian per bulan, maka hanya 50% dari itu atau
sekitar 3000 orang saja yang akan mengklik sang juara 1. Jika 3000 orang
ini dibagi ke dalam 30 hari, maka itu akan sama dengan 100 pencari per
harinya (hanya dari kata kunci itu saja....)
Tapi di sini perlu dicatat bahwa tidak semua dari 100 pencari itu akan menjadi pengunjun. Mungkin hanya 80% saja dari mereka yang akan jadi pengunjung, karena riset ini menggunakan metode broad, jadi hasilnya agak luas dari yang seharusnya....
Jadi secara kasarnya, jika kata kunci tersebut dicari oleh 6000 orang per bulan, maka akan ada 80-an pengunjung per hari.... Jika anda merasa jumlah ini masih kurang, maka silahkan dilipatgandakan dengan membuat halaman lain untuk menarget kata kunci lainnya....
Semakin banyak artikel yang menargetkan keyword berbeda, maka semakin besar juga potensi jumlah pengunjung blog anda....
Tapi di sini perlu dicatat bahwa tidak semua dari 100 pencari itu akan menjadi pengunjun. Mungkin hanya 80% saja dari mereka yang akan jadi pengunjung, karena riset ini menggunakan metode broad, jadi hasilnya agak luas dari yang seharusnya....
Jadi secara kasarnya, jika kata kunci tersebut dicari oleh 6000 orang per bulan, maka akan ada 80-an pengunjung per hari.... Jika anda merasa jumlah ini masih kurang, maka silahkan dilipatgandakan dengan membuat halaman lain untuk menarget kata kunci lainnya....
Semakin banyak artikel yang menargetkan keyword berbeda, maka semakin besar juga potensi jumlah pengunjung blog anda....
Bagi Pebisnis Online: Tidak Semua Pengunjung Itu Membeli
Perlu teman-teman ketahui bahwa di dalam bisnis online pun ada piramida
konsumen. Di mana dari sekian pengunjung hanya sebagian yang tertarik.
Dari sekian yang tertarik, hanya sebagian yang percaya. Dari sekian yang
percaya hanya sebagian yang menawar. Dan dari sekian yang menawar,
hanya sebagian yang deal atau menjadi pembeli.
Normalnya bisnis online itu mempunyai nilai konversi 0,5% sampai 10%.
Artinya dari 1000 pengunjung ada 5 sampai 100 pembeli. Nilai konversi
ini juga dipengaruhi oleh jenis barang yang ditawarkan.... Kalau
bisnisnya adalah fashion, maka sudah bagus kalau konversinya bisa
menyentuh 1%.
Tapi kalau barang yang ditawarkan cenderung tidak terlalu bervariasi,
dan hampir semua toko online sejenis mempunyai model yang sama saja,
maka permainan harga saja yang akan menentukan pemenang.
Contoh toko online yang konversinya seperti ini adalah Blog Pulsa Elektrik All Opertator, Sparepart Kendaraan, Jasa Sewa Kendaraan, dll.... Nilai konversi toko online seperti ini bisa menyentuh 10%.... Asalkan anda melakukan apa yang diperlukan untuk meningkatkan konversi tersebut....
Contoh toko online yang konversinya seperti ini adalah Blog Pulsa Elektrik All Opertator, Sparepart Kendaraan, Jasa Sewa Kendaraan, dll.... Nilai konversi toko online seperti ini bisa menyentuh 10%.... Asalkan anda melakukan apa yang diperlukan untuk meningkatkan konversi tersebut....
Tapi bisnis online saya kata kuncinya ya itu-itu saja... Bagaimana dong?
Ya, ini adalah kondisi yang lain lagi; di mana ada banyak jenis blog
yang nichenya begitu spesifik, sehingga peluang pengunjungnya ya sebatas
itu-itu saja. Kalau ternyata peluang pengunjung saudara sangatlah
terbatas, maka pilihan yang ada juga sangat terbatas.
Jadi solusinya cuma 1 ... Saudara harus bisa mengubah yang sedikit itu menjadi pembeli sebanyak mungkin.....
Jadi solusinya cuma 1 ... Saudara harus bisa mengubah yang sedikit itu menjadi pembeli sebanyak mungkin.....
Apa Syarat Dan Ketentuan Untuk Memperbesar Konversi?
Desain blog
Saat ini cobalah saudara membuka blog saudara dan tanyakan kepada diri
sendiri..... Jika anda adalah orang lain, apakah anda akan memberli
barang dari toko yang desainnya seperti blog anda saat ini. Jika anda
bisa berkata dengan mantap "Tentu! Ini Blog Sudah Keren Sekali....",
maka anda bisa melanjutkan ke optimasi Offpage....
Tapi kalau ada sedikit keraguan saja di hati anda, atau bahkan kalau
anda berpikir "Blog ini sebenarnya terlihat sangat menyedihkan", maka
berhenti sejenak dan carilah desain yang bisa membuat anda bangga dan
merasa nyaman dengan blog itu sendiri.....
Blog anda adalah toko anda. Jika tampilannya menyedihkan, maka sangat
sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Saya sendiri
mendapatkan banyak sharing pengalaman dari teman-teman di forum SEO.
Mereka mengatakan bahwa perbaikan desain blog bisa mendatangkan rupiah
yang berkali-kali lipat lebih banyak dari sebelum diadakan perbaikan....
Bukankah sangat disayangkan jika anda kehilangan potensi income hanya karena tampilan blog yang terlalu standar???
Bukankah sangat disayangkan jika anda kehilangan potensi income hanya karena tampilan blog yang terlalu standar???
Nomor Kontak Yang Jelas dan Tidak Aspal
Jika bisa saudara sebaiknya melampirkan alamat lengkap pada situs yang
anda gunakan saat ini, karena itu akan menambah kepercayaan dari
konsumen anda.... Perlu juga diperhatikan untuk tidak mengubah-ubah
nomor kontak saudara, karena hal semacam itu bisa mengundang kecurigaan
pengunjung blog....
Aktifitas Khusus Bisnis Online
- Cek dan Lihat lagi desain blog anda saat ini.... apakah anda sudah puas? Atau ingin ganti template?
- Hitunglah berapa keuntungan yang bisa saudara dapatkan dari 1 penjualan. Hitung juga berapa penjualan minimal yang harus terjadi dalam sehari agar keuntungan yang saudara dapat bisa cukup memuaskan..... Dari sini saudara bisa menargetkan BERAPA TARGET TRAFIK MINIMAL PER HARI YANG SAUDARA INGINKAN???
Tidak ada komentar:
Posting Komentar