Jumat, 07 Februari 2014

Riset Kata Kunci Dengan Keyword Planner

Riset Kata Kunci Dengan Keyword Planner

Kata Kunci adalah sesuatu yang akan diketikkan oleh pencari di Google. Kalau anda menguasai kata kunci yang dicari oleh banyak orang, maka blog ataupun website anda akan ramai. Tapi perlu juga diingat bahwa setiap kata kunci itu mempunyai jumlah pencari yang berbeda. Jadi kalau blog anda spesifik pada satu bidang saja, maka potensi trafiknya juga dibatasi oleh jumlah peminat topik tersebut.

Kata Kunci dan Pasar yang tersedia untuk topik tersebut sering disebut NICHE. Jadi kita akan melihat apakah niche dari blog anda ini banyak atau sedikit.

MENDAFTAR GOOGLE ADWORDS

Untuk mengetahui apakah niche mempunyai banyak pencari, maka anda harus melakukan riset kata kunci. Alat terbaik yang bisa anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci adalah Google Keyword Planner.

Hanya saja untuk menggunakan keyword planner ini anda harus mendaftar terlebih dahulu ke Google Adwords. Cara mendaftar sangat mudah:
  • Masuk ke dalam halaman web keyword planner (klik di sini)
  • Anda akan diminta melakukan login dengan menggunakan akun dan password gmail
  • Pilih Zona Waktu dan setelahnya klik CONTINUE
  • Tunggu pesan bahwa anda sudah berhasil membuat akun dan klik link untuk membuka akun adwords anda.
  • Anda akan diminta sekali lagi melakukan login, jadi masukkan lagi akun dan password gmail yang sebelumnya sudah didaftarkan....
  • Setelah anda masuk ke halaman ADWORDS klik menu TOOLS AND ANALYSIS, akan muncul drop down....yang menampilkan KEYWORD PLANNER, klik sub menu tersebut.
  • Pada halaman baru klik Search for keyword and ad group ideas
  • Masukkan kata kunci yang anda inginkan, lalu ubah bahasa menjadi Indonesia dan klik GET IDEAS  

  • Pada halaman hasil, klik tab KEYWORD IDEAS untuk menampilkan daftar panjang.
  • Jika anda pebisnis online, maka klik AVG.MONTHLY SEARCHES untuk memperlihatkan kata kunci dengan pencarian terbanyak
  • Jika anda pencari uang dari memasang iklan Adsense, maka klik AVG.CPC untuk memperlihatkan kata kunci dengan bayaran termahal
 

Tapi dengan metode ini yang ditampilkan biasanya adalah keyword pendek. Anda akan sangat sulit mendapatkan posisi terbaik jika mengejar kata kunci pendek ini. Jauh lebih baik jika anda mengejar versi long tail keyword dari kata kunci tersebut.
Untuk mendapatkan variasi long tail keyword yang umumnya dicari orang anda bisa masuk ke www.google.co.id dan masukkan kata kunci yang anda inginkan. Google secara otomatis akan memberikan saran pencarian yang berupa long tail keyword.
Jika anda membuat artikel untuk masing-masing long tail keyword yang disarankan oleh Google, maka blog anda akan jauh lebih mudah menguasai versi kata kunci yang pendeknya....

AKTIFITAS:

Jadi dari materi malam ini cobalah untuk menentukan 3 kata kunci pendek untuk homepage dan 10 kata kunci panjang (long tail keywords) untuk dibuatkan artikel.... Tuliskan kata kunci pilihan anda ini pada thread anda di grup beserta jumlah pencarian bulanannya (Avg. Monthly Searchers)....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar