Review dan Menilai Kompetisi Saudara
Sebelum lanjut ke tahap akhir, kita lakukan review sedikit dengan
pengetahuan saudara. Review ini meliputi 3 komponen penting, yaitu:
Dalam contoh di bawah kita sedang mengejar kata kunci JUAL SEPATU dengan beberapa Long Tail Keywordnya.... Onpage yang baik bisa membantu suatu artikel masuk ke halaman pertama setidaknya untuk peringkat-peringkat bawah halaman pertama, misalnya ranking 9....
Ini yang perlu saudara perhatikan dari backlink masing-masing artikel:
Jadi jika semula sumber trafik anda cuma satu artikel, sekarang dari banyak artikel.... Itu artinya blog semakin ramai dan semakin besar potensi nilai komersilnya.... Bukan hanya itu saja, semakin banyak long tail yang anda kuasai, maka keyword yang pendek juga akan ikutan membaik. Itu berarti starting poin untuk artikel-artikel baru juga akan semakin baik.... Ini akan menjadi siklus positif yang sangat menyenangkan jika anda bisa menjaga momentum....
Sekarang pertanyaannya adalah....seberapa berat ACTION yang dibutuhkan? Untuk mengetahui itu, maka anda harus melakukan penilaian pada kompetitor-kompetitor anda sejak awal. Jangan sampai anda terlalu santai padahal kompetitor anda adalah raksasa....
Jangan juga anda terlalu brutal padahal pesaing anda hanyalah sekelompok anak TK. Anda hanya butuh terlihat lebih cerdas dari mereka semua, tapi jangan sampai anda menjadi Einstein di tengah-tengah anak TK. Anda tahu apa yang akan terjadi jika anda menjadi Einstein di tengah-tengah anak TK? Anda akan dikeluarkan dari TK karena di sana bukanlah tempat untuk anda....itu benar-benar tidak alami....
Jadi jika anda benar-benar powerful dalam SEO sebaiknya hati-hati dalam kata kunci yang persaingannya lemah....
Ok, kita langsung saja mempelajari pesaing anda.....
- Onpage
- Backlink
- Jumlah Artikel
Onpage
Saat anda membaca artikel ini seharusnya onpage blog saudara sudah tidak perlu dibahas lagi. Onpage yang baik pada suatu halaman membantu anda mendapatkan posisi starting yang terbaik pada SERP Google untuk kata kunci yang anda kejar. Posisi starting terbaik suatu artikel juga dipengaruhi oleh reputasi dari homepagenya (dalam hal ini backlink dan sinyal positif dari pengunjung).Dalam contoh di bawah kita sedang mengejar kata kunci JUAL SEPATU dengan beberapa Long Tail Keywordnya.... Onpage yang baik bisa membantu suatu artikel masuk ke halaman pertama setidaknya untuk peringkat-peringkat bawah halaman pertama, misalnya ranking 9....
Backlink
Pada saat anda sudah mendaratkan artikel anda pada posisi starting yang terbaik, maka saatnya untuk memastikan posisi itu bertambah baik dan bukannya merosot. Jadi mulailah memberikan backlink ke artikel tersebut sampai artikel itu mencapai posisi yang terbaik.... karena ranking 1 mendapatkan 50% pengunjung.Ini yang perlu saudara perhatikan dari backlink masing-masing artikel:
- Upayakan backlink untuk artikel yang anda target mengalir setidaknya untuk seminggu
- Jumlahnya sebenarnya tidak ada batasan tertentu yang penting bisa cukup konsisten selama seminggu. (Tapi kalau bisa memberi batasan minimal, maka usahakan dalam seminggu itu artikel yang anda utamakan mendapat 30 backlink dari halaman PR2-PR3, 20 backlink dari halaman relevansi tinggi, 20 Nofollow link, dan 20 Social Bookmark. Silahkan bagi 6 untuk jumlah per harinya)
- Pastikan kata kunci selalu beragam antara rich dan non-rich
Kuasai Banyak Long Tail
Long tail atau keyword panjang yang anda kejar dengan artikel itu jangan cuma satu. Buat artikel sebanyak mungkin, karena itu yang akan menjaring pengunjung. Ulangi proses onpage dan offpage yang ada di atas untuk masing-masing artikel....Jadi jika semula sumber trafik anda cuma satu artikel, sekarang dari banyak artikel.... Itu artinya blog semakin ramai dan semakin besar potensi nilai komersilnya.... Bukan hanya itu saja, semakin banyak long tail yang anda kuasai, maka keyword yang pendek juga akan ikutan membaik. Itu berarti starting poin untuk artikel-artikel baru juga akan semakin baik.... Ini akan menjadi siklus positif yang sangat menyenangkan jika anda bisa menjaga momentum....
JADI SEO ITU SANGAT BERGANTUNG PADA
ONPAGE, PERTAMBAHAN ARTIKEL, DAN PERTAMBAHAN BACKLINK. KUAT LEMAHNYA SEO
ANDA SANGAT BERGANTUNG PADA ACTION ANDA SEPENUHNYA
Sekarang pertanyaannya adalah....seberapa berat ACTION yang dibutuhkan? Untuk mengetahui itu, maka anda harus melakukan penilaian pada kompetitor-kompetitor anda sejak awal. Jangan sampai anda terlalu santai padahal kompetitor anda adalah raksasa....
Jangan juga anda terlalu brutal padahal pesaing anda hanyalah sekelompok anak TK. Anda hanya butuh terlihat lebih cerdas dari mereka semua, tapi jangan sampai anda menjadi Einstein di tengah-tengah anak TK. Anda tahu apa yang akan terjadi jika anda menjadi Einstein di tengah-tengah anak TK? Anda akan dikeluarkan dari TK karena di sana bukanlah tempat untuk anda....itu benar-benar tidak alami....
Jadi jika anda benar-benar powerful dalam SEO sebaiknya hati-hati dalam kata kunci yang persaingannya lemah....
Ok, kita langsung saja mempelajari pesaing anda.....
SIAPKAN DATA PESAING ANDA
Sekarang kumpulkan semua kata kunci yang anda targetkan. Masukkan di
Google dan lihat siapa saja yang menjadi juara 1-3 untuk setiap kata
kunci tersebut. Simpan URL pesaing anda pada sebuah file Excel untuk
anda pelajari lebih lanjut.
Analisa Pesaing Anda
Sekarang bukalah setiap link di atas untuk anda amati, dan lakukan prosedur di bawah ini untuk masing-masing link.
Menilai Onpage
Sekarang anda harus memastikan SEOQUAKE anda aktif...- Perhatikan bagaimana struktur title tag kompetitor anda, Title tag yang baik itu sekitar 5 kata dan maksimal 70 karakter saja.
- Perhatikan meta description kompetitor anda apakah berkisar antara 120-150 karakter dan mengandung kata kunci yang tidak diulangi lebih dari dua kali
- H1 mengandung kata kunci utama untuk homepage dan mengandung kata kunci long tail keyword untuk halaman artikel
Tidak ada meta keywords apalagi yang berlebihan - Semua gambar menggunakan alt tag
- Judul artikel memakai tag h2
- Kata kunci utama di setiap halaman dicetak tebal
- Tidak ada link menuju website lain
- Tidak ada flash, iframe, script yang terlalu lama dimuat
- Banyak tautan ke artikel ataupun ke kategori pada sidebar
Jumlah artikel kompetitor
Sekarang masukkan URL-URL dari kompetitor anda di Google dengan menggunakan operator site. Contoh: site:http://www.namadomain.com.
Lihat berapa jumlah halaman yang terindeks. Jika sangat banyak, maka
kemungkinan besar artikel blog saingan anda ini sangat beragam dan itu
menjadikannya sulit dikalahkan
Menilai Backlink Kompetitor
Sebagaimana teman-teman sudah tahu menilai backlink, maka rasanya bukan
masalah yang berat untuk menilai backlink kompetitor kan?
- Lihat berapa jumlahnya (jumlah yang diperoleh dikali 5 untuk mendapatkan backlink minimal yang harus saudara dapatkan versi Google Webmaster Tools)
- LIhat berapa domain sumbernya
- Lihat berapa persen dofollownya
- Lihat berapa persen sitewide-nya
- Lihat penyebaran kata kuncinya
Banyak orang yang mengabaikan proses mengenali kompetitor ini, tapi
proses ini sebenarnya bagian yang cukup penting untuk menentukan beban
optimasi anda. Dengan melakukan tahap ini anda akan bisa menilai berapa
banyak artikel, dan backlink yang perlu anda usahakan.
Bagi anda yang menemukan kompetitor yang ringan, maka bersyukurlah, dan
bagi yang menemukan pesaing yang berat, maka bersiaplah untuk teknik
yang lebih berat lagi. Jika berburu high pagerank, membuat halaman
relevansi tinggi, dan social bookmark sudah membuat anda kewalahan, maka
itu pertanda anda masih harus membiasakan diri dengan ketiga ini
terlebih dahulu, karena teknik berikutnya sangat bergantung pada ketiga
teknik dasar ini....